Kabar Baik, Pemkot Surabaya target kebut pengerjaan proyek Radial Road Tahun Depan

Radial Road

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus berupaya memaksimalkan sarana pendukung transportasi untuk masyarakat, khususnya dari sektor infrastruktur. Lebih spesifik saat ini pemkot tengah berupaya menuntaskan proyek jalan alternative Radial Road di kawasan Surabaya Barat, untuk mengurangi kemacetan yang sering terjadi di daerah tersebut. Jalan Radial Road tersebut ditargetkan akan dikebut penggarapannya pada tahun 2023.

Eri Cahyadi dalam program Semanggi Suroboyo menyatakan “Lokasi pastinya untuk Radial Road ada di sisi Selatan Lontar, nanti bisa mengurangi beban kemacetan di kawasan tersebut. Saat ini sedang dilakukan pendataan, dan di tahun 2023 akan kita kerjakan.”

Wali Kota surabaya tersebut juga menambahkan “Radial Road 2023 harus selesai, itu langsung tembusnya ke arah CitraLand”

Di sisi lain, mengutip liputan suarasurabaya.net dalam kesempatan wawancara bersama Lilik Arijanto Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM), jika proyek Radial Road sebenarnya sudah mulai dikerjakan sejak tahun 2020. Hanya saja, proyek sepanjang 4,3 kilometer tersebut baru dikerjakan setengahnya saja, yakni sekitar 2,1 kilometer.

“Jadi untuk pembangunan sisanya (sekitar 2,2 kilometer) kita lakukan di 2023. Tapi untuk tahun 2022 ini, kita lakukan pendataan ulang dulu, karena disana ada tiga jenis tanah, yakni milik dari pengembang, perseorangan dan BPKD,” jelas Lilik.

Dengan mewujudkan pemantapan infrastruktur jalan yang berkualitas dan mendukung mobilitas antarmoda secara terpadu dan terintegrasi. Radial Road mengurangi beban kepadatan lalu lintas dari arah Jalan Mayjen Jonosewojo menuju ke kawasan Jalan Lontar Kota Surabaya(CitraLand). Sedangkan sebagai data tambahan update terkini untuk pengerjaan konstruksi JLLB yang sudah terbangun sepanjang 2.520 meter, yang terdiri atas 1.870 meter dibangun pengembang perumahan dan 650 meter dibangun dengan pendanaan dari APBD Kota Surabaya.

“Minggu-minggu ini memang kita lakukan pembahasan terlebih dahulu dengan DPRD. Nanti setelah selesai baru akan kita umumkan,” pungkasnya.

Setelah keluarnya informasi proses pengerjaan radial road yang akan dimulai pada 2023 ini menjadi kabar baik. Masyarakat surabaya tentu menyambut baik mengingat Pesatnya mobilitas di kawasan Surabaya Raya sudah selayaknya Pemerintah Kota untuk mengembangkan infrastrutur yang ada. Melakukan penataan transportasi masal yang tidak hanya berfokus di Kota Surabaya. Sebab rencananya, transportasi masal tersebut juga akan terkoneksi dengan Gresik. 

Refrensi : https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2022/tahun-depan-pemkot-surabaya-target-selesaikan-jalan-baru-dan-proyek-overlay/

Pewarta: Rizky Febrian
COPYRIGHT © CitraLand Utara Surabaya 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.